NF Computer

Banyak orang bertanya, kenapa programmer lebih sering menggunakan Linux? Sebenarnya, jawabannya tergantung dari individu masing – masing. Hanya saja, ada sejumlah jawaban yang mungkin bisa menggambarkan, kenapa Linux begitu digemari oleh programmer. Mungkin, poin – poin di bawah ini bisa menarik minat Anda untuk mulai menggunakan Linux untuk belajar pemrograman.

Free dan Open Source

Alasan yang pertama adalah Linux ini free and open source. Arti free di sini tidak h anya gratis, tapi juga bebas dimodifikasi, disebarkan, di pelajari, dan lainnya. Lalu, Open Source artinya, kode sumbernya dibiarkan terbuka. Hal ini membuat siapa saja bebas membaca, mempelajari sampai memodifikasi kode sumbernya te rseb ut. Dengan begitu Linux dapat di program sesuai dengan kebutuhan si pengguna.

Aman dari Virus

Linux ini sudah terbukti aman dari virus. Beberapa pengguna mengaku perangkatnya bebas dari virus semenjak menggunakan Linux. Untuk seorang programmer, virus memang sangat mengganggu. Seringkali virus secara diam – diam memodifikasi source code yang sudah ditulis dan membuat program menjadi error. Tapi setelah mereka menggunakan Linux, hal tersebut tidak pernah terjadi lagi.

Seringkali Error

Ini bisa dibilang sebuah alasan yang kurang tepat, karena seorang programmer biasanya sangat tidak suka adanya error karena itu berarti ada suatu hal jangal terjadi. Akan tetapi, dari error tersebut ada masalah yang harus diselesaikan sehingga akan menambah pengalaman dalam melanaklukan bahasa pemrograman.

Linux memang terkenal sebagai sistem operasi yang sering bermasalah. Kehilangan data merupakan masalah terpahit yang mungkin dialami oleh programmer. Namun dengan adanya masalah tersebut, programmer jadi tahu bagaimana car a menyelamatkan data yang terhapus. Tak hanya itu, ada ratusan masalah lain yang mungkin terjadi di sistem operasi Linux. Tentu saja, hal ini akan melatih pikiran seoran g programmer menjadi lebih cepat dalam mengatasi sebuah masalah. Bahkan, bila tidak men emukan solusinya, programmer dapat menciptakan solusinya sendiri.

Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Linux sangat tepat untuk programmer karena mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak dari tool – tool gratis yang dapat dimanfaatkan, setidaknya ada bebe rapa bahasa pemrograman yang didukung oleh Linux, seperti C, C++, C# (Menggunakan Mono Develop), Pasca l (Menggunakan FPC dan Lazarus), Javascript, Basic/VB (Menggunakan Gambas), Java, Python, Ruby dan lainnya.

Itulah beberapa alasan mengapa banyak program mer yang memilih Linux. Untuk mempelajari Linux sendiri sebenarnya gampang – gampang susah. Namun saat komitmen untuk menguasainya sudah Anda pegang, maka tidak ada yang tidak mungkin. Anda pasti dapat menguasainya. Atau, Anda bisa mencari kursus pemrograman Linux terdekat di daerah Anda. Jika tidak, Anda bisa mempelajarinya sendiri dari internet ataupun bergabung dengan sebuah komunitas di internet untuk berbagi pengetahuan.

Saat ini sudah banyak komunitas di internet yang membahas soal pemrograman. Di sana, Anda bisa saling berdiskusi tentang suatu masalah yang sering dialami saat menulis sebuah bahasa pemrograman Linux. Dengan adanya diskusi ini, Anda bisa berbagi pengalaman atau bahkan Anda akan men emukan masalah yang lebih rumit dari Anda sehingga Anda bi sa terus bersemangat untuk belajar lebih jauh.

Mungkin itulah beberapa hal yang harus Anda ketahuai mengenai pemrograman Linux. Semoga dengan ulasan di atas, Anda tertarik untuk belajar pemrograman Linux. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit dan mengala mi banyak kendala, namun seiring berjalannya waktu, kendala yang pernah Anda alami akan menjadi guru yang mengajarkan banyak hal. Semoga berhasil.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin