NF Computer

Usia bukanlah halangan untuk seseorang belajar suatu hal baru, terumasuk belajar pemrograman web. Terlebih dengan semakin intensnya internet menyentuh kehidupan pribadi setiap individu belakangan ini. Internet seakan menjadi jalan terbaik saat Anda mencari jawaban akan suatu hal. Nah, Anda bisa memanfaatkan internet untuk belajar pemrograman web secara otodidak. Apabila Anda tetap membutuhkan bimbingan dalam belajar, maka jangan ragu untuk mengambil kursus pemrograman web.

Saat Anda akan memulai untuk belajar pemrograman, ada sejumlah step yang bisa Anda ikuti, seperti di bawah ini:

Komitmen

Hal paling utama yang harus Anda ketahui sebelum belajar pemrograman web adalah komitmen yang kuat. Anda harus memiliki komitmen untuk menguasai bahasa tersebut, atau setidaknya Anda punya tujuan untuk mengerti alur dan juga cara kerjanya. Tanpa adanya komitmen, maka Anda hanya akan belajar setengah-setengah, atau bahkan kehilangan semangat belajar.

Belajar dari Website Tutorial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekarang ini internet sudah sangat menjamur sehingga tidak heran jika banyak orang yang ingin membantu programmer newbie untuk belajar banyak hal. Banyak website yang mengajarkan pemrograman web, akan tetapi kebanyakan dari website tersebut berbahasa inggris. Namun tak usah khawatir ada juga website yang berbahasa Indonesia. Modal utama untuk bisa tentu saja harus teliti dan pintar-pintar dalam memanfaatkan Google untuk menemukan tempat belajar yang tepat.

Mulai Membuat Aplikasi Sendiri

Belajar pemrograman apapun, intinya adalah mengetik. Dengan Anda mengatik sebuah program buatan Anda sendiri, maka lama kelamaan Anda akan lancar dalam bahasa tersebut. Untuk itu, mulailah untuk membuat aplikasi sederhana yang bisa Anda buat. Apabila sudah berhasil membuat yang sederhana, waktunya untuk beralih ke program yang lebih rumit. Terus menerus seperti itu sampai Anda mahir.

Buku

Meski informasi di internet sudah sangat banyak, namun jangan kesampingkan buku yang membahas soal pemrograman web. Biasanya di buku lebih terstruktur, darimana Anda harus memulai untuk belajar, sampai tahap mahir. Cobalah untuk berkunjung ke toko buku, dan temukan buku yang tepat. Atau, Anda pun bisa belajar e-book yang banyak tersedia di internet.

Ikuti Kursus Pemrograman Web

Banyak orang yang merasa butuh bimbingan ketika belajar, mereka kadang juga merasa sulit untuk belajar sendiri. Hal ini seringkali disebabkan tidak adanya tempat bertanya saat mengalami kesulitan. Apabila Anda termasuk orang yang seperti itu, maka lebih baik Anda mencari tempat kursus pemrograman web yang ada di sekitar Anda.

Menulis Ulang Program Orang Lain

Belajar pemrograman web tidak selalu harus belajar sendiri dengan cara membuat program Anda sendiri. Sebab, Anda pun bisa belajar dengan menulis ulang program orang lain. Caranya adalah dengan mendownload contoh program yang banyak tersedia di internet. Cobalah untuk membuat ulang program tersebut dengan cara mengetik ulang apa yang telah dibuat orang lain. Anda pun dapat belajar teknik yang digunakannya dalam membuat program tersebut.

Tidak Putus Asa

Dalam proses belajar, pasti akan menemukan berbagai tantangan yang menguji komitmen Anda. Kegagalan dalam menghadapi tantangan seringkali membuat orang menjadi putus asa. Tidak jarang dari mahasiswa ilmu komputer yang tidak bisa atau bahkan tidak paham bahasa pemrograman, padahal itu merupakan salah satu mata kuliah penting yang harus dikuasai. Anda tentu jangan sampai seperti itu, terus berusaha dan pantang menyerah untuk menguasai bahasa pemrograman sampai Anda menguasainya.

Bagaimana, menguasai bahasa pemrograman sangat menantang bukan? Jangan sampai Anda berkata tidak bisa, sementara Anda belum mencoba. Semoga berhasil.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin