Training Pengembangan Software

NF COMPUTER kembali dipercaya oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) khususnya untuk SDM Pengelola Layanan Geoportal dalam pelatihan UI/UX, AngularJS, dan LeafletJS. Pelatihan diikuti oleh 10 (sepuluh) orang yang dibagi dalam beberapa gelombang.

Training Pengembangan Software

Gelombang pertama pada tanggal 19–20 Februari 2018 dengan materi User Interface-User Experience atau biasa disingkat dengan UI/UX. Gelombang kedua untuk materi UI/UX dilaksanakan tanggal 28–29 Maret 2018. Kedua pelatihan ini dibimbing oleh Bapak Bahni Mahariasha yang mempunyai pengalaman dalam bidang desain UI/UX untuk website desktop maupun mobile device.

Di awal sesi, terlebih dahulu Bapak Bahni menjabarkan perbedaan antara UI dan UX. User Interface (UI) merupakan salah satu aspek yang berkontribusi terhadap pengalaman. Sedangkan User Experience (UX) merupakan semua yang dialami oleh pengguna desain atau layanan.

Pelatihan dengan durasi 16 jam mengupas tentang Double Diamond Desain Process, Proses Desain dari Discover (menemukan), Define (mendefinisikan), Develop (mengembangkan), dan Deliver (menyampaikan). Dalam pelatihan ini peserta diajak langsung praktek dengan memakai metode Journey atau Road Map.

Topik pelatihan kedua adalah AngularJS. Gelombang pertama pelatihan ini dilakansakan pada 22–23 Februari 2018. Gelombang kedua dilaksanakan pada 5–6 Maret 2018. Pelatihan AngularJS dibimbing oleh Bapak Hilmi Abidzar Tawakal yang berpengalaman dalam web programming dan android programming. Angular JS merupakan framework javascript open source yang dirilis oleh Google pada tahun 2009. Konsep dari AngularJS adalah meningkatkan fungsi dari HTML untuk membangun web app. Materi yang diajarkan dalam pelatihan AngularJS dengan durasi 16 jam adalah pengenalan konsep dan instalasi AngularJS, module, component, data binding, directive, pipes, services, routing, http dan observable.

Training Pengembangan Software

Topik pelatihan ketiga adalah LeafletJS. LeafletJS adalah salah satu open source GIS yang memadai untuk membangun aplikasi berbasis web. Based map yang digunakan sebagai default adalah openstreet. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 8–9 Maret dan 15–16 Maret 2018 dengan durasi 16 jam. Pelatihan ini dibimbing oleh Bapak Hilmy Abidzar Tawakal, ST., M.Kom. Materi yang dijabarkan yaitu client-server architecture, leaflet map object, marker object, path and polyline, polygon, layer group, the GeoJSON layer, working with popups, dealing with events, options: style, pointToLayer, onEachFeature, filter, dan leaflet plugin.

Training Pengembangan Software

Alhamdulillah semua pelatihan berjalan lancar dikarenakan peserta mempunyai kemampuan dasar HTML, dasar Javascript, dasar PHP dan MySQL, dan dasar geospasial data (GIS). NF COMPUTER berharap semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam web programming juga desain web. Terima kasih untuk Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk kerjasamanya selama ini dan semoga kerjasamanya terus terjalin dengan baik. (RHM)

========

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF,
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com
registrasi kontak