Workshop Aplikasi Perkantoran & 5S – Universitas Mercubuana

5S merupakan singkatan dalam bahasa Jepang Seiri – Seiton – Seiso – Seikutse – Shitsuke yang dapat diterjemahkan menjadi 5R, yaitu Ringkas – Rapi – Resik – Rawat – Rajin. 5S adalah suatu konsep pengorganisasian lingkungan tempat kerja agar menjadi suatu lingkungan yang tertata rapi, terstruktur, dan tervisualisasi. 5S akan menghasilkan ritme kerja yang efisien, cepat, dan tepat sehingga akan berdampak pada produktivitas yang tinggi dan mutu yang stabil sesuai dengan keinginan pelanggan (Customer Satisfaction).

Workshop Aplikasi Perkantoran & 5S

Dengan 5S, suasana bekerja akan lebih nyaman. Dengan 5S, produktivitas akan naik rata-rata 30% bahkan sampai dengan 60%. Dengan 5S, break down mesin bisa ditekan sampai dengan zero break down. Dengan 5S, defect/reject ratio akan turun sampai dengan 50%. Dengan 5S, zero delay akan tercapai.

Dengan telah diterapkannya 5S dalam lingkungan kerja maka suatu kampus akan siap untuk menerapkan program-program peningkatan performansi kampus lainnya seperti TPM (Total Productive Maintenance), TQM (Total Quality Management), serta JIT (Just In Time). Sehingga dapat dikatakan 5S adalah pondasi/dasar suatu kampus untuk menuju World Class University.

Workshop Aplikasi Perkantoran & 5S

Sehubungan dengan hal di atas, sivitas akademika Universitas Mercubuana dirasa perlu untuk mendapatkan pelatihan tersebut. Untuk itu, Universitas Mercubuana bekerja sama dengan Nurul Fikri Computer  (NF COMPUTER) mengadakan workhop Aplikasi Perkantoran & 5S. Pelaksanaan dilakukan di Auditorium Universitas Mercubuana Jakarta, 15 Maret 2018.

Workshop ini diikuti oleh 30 orang peserta dari lingkup pegawai yang ada di lingkup  Universitas Mercubuana dengan narasumber Bapak Ahadiyat, M.M. dari NF Computer yang telah berpengalaman memberikan pelatihan softskill di beberapa kampus dan perusahan ternama.

Materi diawali dengan sambutan oleh Ibu Dra. Yuli Harwani, M.M. sebagai Direktur SDM Universitas Mercubuana. Dalam sambutannya, Ibu Yuli menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam rangka selain untuk lebih meningkatkan kedisplinan dan rasa tanggung jawab pegawai juga sebagai ajang untuk menambah wawasan dan skill seluruh pegawai di lingkungan Universitas Mercubuana ke depan. Tak lupa beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada NF Computer yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Selanjutnya Bapak Ahadiyat memperkenalkan sekilas profile beliau dan NF Computer dan menjelaskan pokok bahasan yang akan dipelajari di antaranya sebagai berikut:

  1. Konsep, definisi, dan sasaran 5S;
  2. Mengapa harus 5S;
  3. Penerapan 5S di pabrik yang terdiri dari Seiri – Seiton – Seiso – Seiketsu – Shitsuke;
  4. Organisasi dan peran karyawan dalam penerapan 5S;
  5. Langkah-langkah penerapan 5S;
  6. Identifikasi area improvement;
  7. Alat-alat bantu dalam penerapan 5S;
  8. Bagaimana membuat program dan implementasi dan merawat 5S;
  9. Kunci sukses penerapan 5S.

Kegiatan dilaksanakan secara interaktif antara peserta dengan instruktur. Banyak pertanyaan dari peserta dan ada games yang dibawakan oleh narasumber. Sebelum pelatihan berakhir dilakukan sesi foto bersama seluruh peserta dan pejabat dari Biro SDM Universitas Mercubuana. (AH)

========

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF,
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com
registrasi kontak