R Programming

R Programming – Pemanfaatan statistik bisa diterapkan ke dalam berbagai bidang ilmu seperti ekonomi, geologi, psikologi, biologi (biostatistik) dan ilmu komputer. Penggunaan data statistik juga semakin banyak dipergunakan dalam karya ilmiah mahasiswa baik S1 maupun S3. Permasalahannya adalah software yang saat ini pergunakan sebut saja SPSS merupakan software berbayar (berlisensi – mahal) dan ini menyebabkan tidak semua orang bisa dengan mudah untuk mendapatkan apalagi menggunakannya.

R Programming

NF COMPUTER yang konsen dalam bidang pendidikan khusus-nya IT yang berbasis open source memberikan solusi dengan paket pelatihan R Programming. R adalah sebuah bahasa pemograman yang dikembangkan khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan statistik. R sangat tepat dipakai oleh mahasiswa ilmu komputer karena mereka sudah terbiasa dengan hal-hal teknis seperti kode program.

Meskipun R mengutamakan penggunaan bahasa pemrograman, bagi pengguna awam dengan metode statistik dan bahasa pemrograman, dapat memanfaatkan paket R-commander yang telah disediakan di library. Dengan mengaktifkan paket R-Commander, pengguna dapat melakukan pengolahan data secara statistik dengan mudah, semudah menggunakan SPSS, Minitab ataupun software statistik berlisensi lainnya. Hal ini sangat dimungkinkan karena melalui R-Commander, pengguna bisa langsung melakukan pengolahan data dengan memilih menu-menu yang disediakan pada jendela R-Commander.

Bahasa R merupakan versi open-source dari bahasa pemrograman S (Azola dan Harrel, 2006). Bahasa R dapat diperoleh secara gratis dan jika berminat tinggal diunduh di http://cran.r-project.org. Versi komersial yang berbasis bahasa S adalah S plus. Bahasa R memiliki kemampuan yang tidak kalah dangan paket program pengolahan data komersial bahkan dalam beberapa hal kemampuannya lebih baik. Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari kalangan statistikawan di seluruh dunia dan komunitas R sangat aktif dalam memberikan kontribusi paket aplikasi untuk R. Keunikan bahasa R adalah langsung terhubung dengan paket aplikasi yang dibangun oleh statistikawan di seluruh dunia ini dan jika membutuhkan dapat langsung diinstall dengan mencari paket yang sesuai.

Paket statistik R bersifat multiplatforms, dengan file instalasi binary / file tar tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS, Mac OS X, Linux, Free BSD, NetBSD, irix, Solaris, AIX, dan HPUX. Fungsi dan kemampuan dari R sebagian besar dapat diperoleh melalui Add-on packages/library. Suatu library adalah kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Sebagai contoh library yang sangat powerful adalah R-commander dan Rattle.

Berapa lama pelatihan R Programming ini? NF COMPUTER membuat durasi training yang singkat dan praktis langsung ke implementasi (penggunaan software). Durasi training selama 24 jam dan bisa ditempuh dalam 6 x pertemuan untuk public class. Disamping Public Class NF COMPUTER juga menyelenggarakan Inhouse Training untuk perumahan atau lembaga pemerintah yang ingin beralih dari software yang berbayar (lisensi) ke yang berlisensi GPL.

=====================
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di:

NF COMPUTER Training Center
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595

registrasi kontak